Kartini Workout Day with Strongholdz Barbell Club

by - Thursday, April 26, 2018

Dear my beloved Friends,

Bagaimana kabar kalian? Sebelumnya, aku mau ngucapin selamat hari Kartini untuk seluruh wanita di Indonesia. Yasss! Tentunya tanpa Ibu Kartini, kita masih mendapatkan diskriminasi gender hingga saat ini. Karena tau betapa sulitnya usaha Ibu Kartini dalam penyetaraan gender antara laki-laki dan perempuan di Indonesia, maka aku memutuskan untuk mengikuti Kartini Workout Day di Strongholdz Barbell Club! Sebagai wanita yang aktif dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, kurang pas jika mengesampingkan olahraga yang pada dasarnya memang dibutuhkan oleh tubuh kita tanpa memandang gender! Eitssss... Jangan karena denger kata "Barbell", pemikiran kita langsung mendiskriminasi bahwa workout hanya dilakukan oleh lelaki ya! Karena wanita pun juga bisa dan tentunya memang wajib melakukan workout sebagai rutinitas yang konsisten. Penasaran apa Kartini Workout Day? Yuk baca selengkapnya disini.


Sebelumnya, aku mau memperkenalkan Strongholdz Barbell Club nih supaya kalian tau apa itu Strongholdz Barbell Club. Jadi, Strongholdz Barbell Club ini merupakan tempat Gym yang terletak di area Serpong, Tangerang Selatan. Tidak seperti Gym pada umumnya, Strongholdz menawarkan pelatihan serta workout yang berbeda dan tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh setiap anggota yang mendaftarkan diri menjadi member disana. Beberapa pelatih (PT-Personal Trainer) tersedia sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya pelatih lelaki, tetapi juga tersedia pelatih wanita yang siap melatih dan memberikan pengarahan selama aktivitas workout berlangsung. Sesi workout yang ditawarkan juga lebih personal dan terjadwal rapih untuk setiap kali kedatangan ke Strongholdz Barbell Club. Bagi para pemula, Strongholdz Barbell Club juga bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan pengalaman mengenai "fun workout" loh! 


Setelah mengenal Strongholdz Barbell Club, tentunya kalian bisa membayangkan aktivitas apa saja yang akan aku lakukan selama Kartini Workout Day. Untuk memperjelasnya, Kartini Workout Day diselenggarakan sebagai aktivitas olahraga bersama yang dikhususkan untuk para wanita. Jadi para pesertanya hanya para wanita, walaupun pesertanya para wanita bukan berarti olahraganya dibuat menjadi ringan. NO! Olahraganya sama beratnya dengan olahraga pembentukan badan pada umumnya. Khusus untuk Kartini Workout Day, olahraganya berpusat pada pembakaran kalori dan lebih serunya lagi pembakaran kalori ini dijadikan ajang perlombaan diantara para pesertanya. Semakin banyak kalori yang dibakar, maka semakin besar kesempatan untuk menjadi juara diajang perlombaan ini. Bagaimana cara menghitung kalori yang dibakar dan bagaimana cara menentukan pemenang dari perlombaan ini?


Nah aku jelasin disini ya! Disediakan 4 kelompok yang akan beranggotakan 3 orang setiap kelompoknya. 4  kelompok ini akan saling memperebutkan juara 1,2 dan 3 dengan jumlah kalori paling banyak untuk dibakar. Terdapat 6 jenis workout yang harus diajalankan oleh setiap anggota kelompok. 6 jenis workoutnya yaitu (Row, Air Bike, Burpees, Air Squat, Wall Ball & Clean with Dumbbells). Khusus untuk Row & Air Bike, kalori yang dibakar sudah terhitung secara otomatis dari alat yang digunakan sehingga tidak perlu menghitung kalorinya secara manual. Tetapi untuk 4 jenis workout lainnya ditentukan berdasarkan kartu remi. Ketentuannya, setiap kartu yang diambil oleh salah satu anggota akan dikalikan 4x sesuai dengan angka & symbol yang didapatkan dari kartu tersebut. Setelah menyelesaikan workout berdasarkan jumlahnya, maka kartu tersebut dikumpulkan dan diperbolehkan menggambil kartu yang lainnya lagi. 1 kartu yang terkumpul bernilai 5 kalori yang terbakar. Tentunya semakin banyak kartu yang dikumpulkan, maka akan semakin banyak juga jumlah kalori yang dibakar.


Untuk system penilaian, workout dan pembagian kelompok sudah jelas. Maka penentuan anggota dilakukan dengan menghitung angka 1 sampai 4. Terdapat 4 kelompok dengan nama Black Widow, Gal Gadot, Kartini dan Cut Nyak Dien. Setelah perhitungan, aku mendapatkan kelompok 4 yaitu Cut Nyak Dien. Sayangnya, karena kekurangan anggota, maka kelompok Cut Nyak Dien hanya terisi oleh 2 orang anggota yang akan berjuang untuk membakar banyak kalori supaya jadi pemenang perlombaan Kartini Workout Day ini. Oh iya, durasi Kartini Workout Day terbagi menjadi 2x pengulangan yang masing-masingnya terdiri dari 20 menit workout. Sebelum memulai perlombaan, pastinya harus melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk tidak merasakan ketegangan pada otot-otot ketika melakukan olahraga berat. Pemanasan yang dilakukan juga sangat unik dan berbeda dibandingkan pemanasan pada umumnya. Kita memulai pemanasan dengan permainan yang membuat satu sama lainnya jadi mengenal dan lebih dekat.


Pemanasan seperti ini sangat efisien untuk mengenal satu sama lain lebih dekat tanpa memperkenalkan diri dan berbincang-bincang yang menghabiskan banyak waktu. Apa sih pemanasannya? Sebenernya pemanasannya sangat simple, yaitu gerakan Burpees yang dilakukan 5x setiap kali salah. Sistemnya, setiap orang harus menyebutkan nama dan makanan kesukaannya. Setelah itu, secara berurutan menyebutkannya beserta nama orang yang berada sebelum giliran kita dan makanan kesukaannya. Karena ini permainan yang cukup sulit dan mengandalkan kekuatan ingatan, maka masing-masing dari kita selalu salah dan melakukan pemanasan Burpees cukup banyak! Tapi setidaknya masing-masing dari kita jadi mengenal. Setelah pemanasan, maka masuk kedalam perlombaan yang dimana setiap anggota dari kelompok sudah membahas rencana yang akan dilakukan untuk dapat menjalankan tugas masing-masing.


Perlombaan ini tidak semudah itu, karena diadakannya "distraction" berupa Sled & Farmer Carries. Ini bentuk dari pengganggu workout pengumpulan kalori yang dibakar. Karena setiap orang yang mendapatkan bagian "distraction" ini, mereka harus berhenti melakukan aktivitasnya dan beralih menjalankan Sled & Farmer Carries yang dimana kalorinya tidak akan dihitung. "distraction" ini diberikan dari 1 anggota kelompok ke 1 anggota kelompok lainnya untuk mengganggu kelompok itu mengumpulkan kalori. Semakin kuat kamu melakukan workout mu, maka kamu akan semakin terlihat bagi para kelompok lain yang ingin memberikan "distraction" ini. Selain membuat waktu kalian berhenti dalam mengumpulkan kalori, "distraction" ini juga membuat tenaga kalian semakin habis dan tujuannya tentu kalian tidak dapat melanjutkan workout yang sebenarnya.


Dari penjelasan mengenai perlombaan Kartini Workout Day ini, siapakah yang menjadi pemenangnya? Yassss, pemenang pertamanya merupakan team dari Black Widow! Mereka sih kuat-kuat banget untuk melakukan workout nya! Selain Black Widow, ada team Kartini dan Cut Nyak Dien yang menjadi juara 2 & 3 Secara berbarengan dengan kesamaan jumlah total kalori yang dibakar. Masing-masing anggota mendapatkan hadiah yang dimana merupakan snack yang bisa membantu menambahkan energy yang sudah terkuras selama Kartini Workout Day. Selain diadakannya workout khusus perempuan, dihari Kartini juga terdapat penawaran khusus bagi orang-orang yang mau menjadi member di Strongholdz Barbell Club loh! Jika kalian tidak mau kelewatan informasi mengenai promo ataupun aktivitas lainnya seperti Kartini Workout Day, follow aja official social media yang dimiliki oleh Strongholdz Barbell Club.



Instagram

#StrongholdzTeam #StrongholdzForWoman #KartiniDay #CrossfitTangerang #DifferentWorkout


Sekian cerita keseruan yang aku lakukan selama hari Kartini dengan mengikuti Kartini Workout Day bersama Strongholdz Barbell Club. Jika kalian tertarik juga untuk melakukan workout seru, berbeda dari Biasanya dan lebih personal, maka langsung aja datang ke Strongholdz Barbell Club dialamat yang tertera dibawah ini ya! Check keseruan aktivitas Kartini Workout Day di hashtag yang tertera dengan membukanya di Instagram kalian. Jangan lupa, workout itu memang kebutuhan tubuh dan mulailah workout dari sedini mungkin atau mulai sekarang juga karena tidak ada kata terlambat untuk jadi lebih sehat secara jasmani! Terima Kasih telah membaca postingan ini.

Strongholdz Barbell Club
Ruko Darwin Timur nomor 11-12 
Scientia Boulevard, Gading Serpong
Tangerang Selatan

See you on the next post!
Whatever you are, be a good one.

You May Also Like

0 comments