Carousell - Earn Money From Your Preloved

by - Tuesday, August 01, 2017

Hi Pretty!
Kali ini aku datang dengan tema yang berbeda untuk aku share disini. Pastinya tetap berkaitan dengan kecantikan dan tentang pengalamanku sendiri. Beberapa dari kalian pasti sudah menerka-nerka mengenai Carousell yang akan aku bicarakan. Yapp tepat setelah 1 tahun lebih bergelut di dunia blogger dan akhirnya aku memutuskan untuk menjual barang-barang preloved yang aku miliki. Sangat sulit memutuskan menjual dimana dan gimana menjelaskan mengenai barang-barang preloved yang aku miliki tapi tidak dapat aku gunakan dikarenakan ketidak cocokan dengan barang-barang tersebut serta banyaknya barang-barang sejenis yang membuat aku tidak dapat menggunakan seluruhnya. Begitu banyak alasan yang membuat aku akhirnya memutuskan menjualnya dengan harapan para pembeli yang membelinya dapat merasakan kebahagian yang aku rasakan ketika memiliki barang-barang tersebut.


Keputusan yang sudah mantap tinggal diimbangi dengan aplikasi yang tepat untuk menjual barang-barang yang aku miliki ini. Sempat terpikirkan untuk membuat account Instagram yang baru khusus untuk menjual barang-barang preloved ku, tetapi sangat merepotkan setelah aku telusuri lebih lanjut. Akhirnya aku mencoba mencari tau dan meminta rekomendasi dari beberapa blogger yang sudah terlebih dahulu menjual barang-barang preloved yang mereka miliki. Ketemulah dengan Carousell ini yang ternyata sangat mudah sekali untuk menjual barang-barang preloved dan sangat membantu aku dalam bertemu dengan para pembeli yang sesuai dengan yang aku inginkan. Kenapa? Karena Carousell memiliki banyak sekali kategori barang yang ingin dijual dan salah satunya terdapat kategori kecantikan (Beauty) dan sesuai banget dengan barang-barang preloved yang aku miliki.




Selain kategorinya yang banyak, Carousell sangat membantu pemula seperti aku yang ingin menjual barang-barang preloved tanpa mau ribet. Di Carousell semuanya sangat mudah! Semudah mempersiapkan barang-barang preloved, lalu foto barang-barang tersebut dengan jelas dan list it! Tadaaa barang preloved kalian sudah dapat diakses seluruh pengguna Carousell baik yang menjual maupun yang akan membelinya. Semudah menggunakan social media pada umumnya. Kalau sama dengan social media, kenapa ngga gunain social media? Tentunya kemudahannya memang seperti social media, tetapi Carousell memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki social media dalam menjual barang-barang preloved.


Aku juga memberikan cara step by step untuk kalian ikuti jika kalian juga berminat untuk menjual barang-barang preloved.
1. Pastikan kalian telah memiliki aplikasi Carousell atau membukanya melalui website Carousell
2. Tentukan barang preloved yang ingin kalian jual
3. Buka aplikasi Carousell dan temuka tulisan "SELL" dibagian bawah aplikasi
4. Pilih "Take a photo" jika kalian belum memiliki foto untuk barang preloved yang akan kalian jual, pilih "Upload from gallery" jika kalian telah memiliki foto barang preloved yang akan dijual
5. Kalian akan masuk ke tahap "Crop & Repotition" untuk mengedit foto sesuai ukurang yang disediakan oleh Carousell
6. Ketika di halaman "Sell", kalian bisa menambahkan 3 foto pendukung untuk memperjelas barang preloved.
7. Untuk "Details", tentukan category dari barang preloved dan akan tersedia banyak category.
8. untuk "Item", masukan nama dari barang preloved kalian (bisa berupa brand). Selanjutnya tentukan Condition barang preloved "New" atau "Used" dan kalian bisa menambahkan description mengenai barang preloved tersebut.
9. Masukan harga yang kalian berikan dibarang preloved tersebut pada kolom "Price"
10. Lalu tentukan "Deal Option" untuk memperjelas kepada pembeli mengenai transaksi yang akan terjadi. Apakah barang preloved akan dikirim (Mailing or Delivery) atau bertemu langsung (Meet-up) antara penjual dan pembeli (COD).
11. Tentukan social media yang ingin dilibatkan dalam memperluas jangkauan sharing penjualan barang preloved dari Carousell (Twitter, Facebook, Page, dll)
12. Jika sudah selesai, gunakan tanda centang diatas kanan dan pilih "List it".
13. Setelah barang preloved kamu berhasil du publish, maka akan ada pemberitahuan dari Carousell melalui email yang kamu daftarkan.

Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Carousell? Selain banyaknya kategori yang membuat pembeli mudah menemukan barang-barang preloved yang kita jual, ada juga keterangan-keterangan barang preloved yang jelas dan juga pengguna Carousell yang sudah banyak membantu kita dalam menjual barang preloved. Pilihan dalam bertransaksi dengan pembeli juga jelas sekali dan tidak perlu takut karena pilihannya juga bisa COD (Cash on Delivery) sehingga menjauhkan dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Nah, yang paling aku suka adalah Carousell dapat di sambungkan dengan social media kita loh! Sehingga ketika kita memposting barang preloved yang ingin dijual, postingan tersebut akan masuk juga ke social media yang kita sambungkan dengan Carousell tanpa harus ribet memposting ulang di social media yang kita miliki. Ini sangat membantu aku dikarenakan Carousell juga memposting di page Facebook yang aku miliki sehingga para followers ku dapat mengetahui bahwa aku menjual barang preloved yang aku miliki dan mereka mempunyai kesempatan untuk memilikinya.


Oh iya, kalian tau kan bahwa Carousell dapat diakses dengan mudah melalui website. Selain dari website, Carousell mempermudah para penggunanya untuk data bertransaksi dengan mengeluarkan aplikasinya yang dapat kamu download disini https://id.carousell.com/app atau di iOS App Store dan Android Play Store. Dengan adanya aplikasi Carousell, menjual barang preloved semakin mudah dan aku merasakannya ketika mencoba menjualnya di Carousell. Kemudahan menggunakan aplikasi Carousell tidak hanya dapat dirasakan oleh penjual barang preloved seperti aku, melainkan juga bagi para pembeli yang males nyari-nyari barang yang diinginkan sehingga Carousell mempermudah dengan penjelasan produk yang jelas, system transaksi dan adanya Browse & Groups yang mempermudah mencari produk sesuai dengan kategorinya.


Buat kamu yang penasaran barang-barang preloved apa saja yang aku jual, kalian bisa check di http://carousell.com/ellenstevanilim dengan username Ellenstevanilim ya! Kalian tidak hanya akan menemukan barang preloved mengenai kecantikan (Makeup, Skincare, dll) Tetapi juga ada barang-barang preloved berupa baju dan elektronik lainnya yang memang tidak aku gunakan dikarenakan memilikinya lebih dari satu atau memang aku tidak mengunakannya karena tidak bisa memakainya. Semoga barang-barang preloved ku menemukan pemilik yang baru yang bisa memilikinya dengan perasaan senang yang aku rasakan ketika memilikinya :)


Sekian pengalamanku menjual barang preloved di Carousell.
Jika ada pertanyaan, kalian boleh banget bertanya di kolom komentar dibawah postingan ini atau langsung menghubungi aku melalui email yang tertera.
Terima kasih telah membaca postingan ini.

See you on the next post!

Whatever you are, be a good one.

Cherish,

You May Also Like

0 comments